15 November 2011

ANDAI AKU BOLA



Bola ada berbagai macam bentuk. Ada yang besar, kecil, dan lonjong. Ada berbagai ukuran pula. Ada yang ringan, sedang, juga berat. Ukuran bola yang besar dan ringan itu seperti bola kaki, atau sering dimainkan dalam lapangan rumput dengan team berjumlah sebelas orang pemain.
Bola yang berukuran kecil dan sedang beratnya yaitu bola golf biasanya berwarna putih serta cara bermainnya dipukul dengan menggunakan stick golf terbuat dari besi. Bahkan, bola yang ukurannya besar juga berat itu namanya bola bowling. Terbuat dari besi dan biasanya berwarna hitam. Bola bowling itu besar dan berat, dan ada lubang disekitar bolanya. Cara bermain bola bowling itu dilempar dan bermainnya juga bukan di sembarang tempat, mempunyai tempat khusus untuk memainkannya.
Ada juga bola yang berbentuk lonjong. Bola apakah yang berbentuk lonjong itu. Tentu, ada bola yang berbentuk lonjong yaitu namanya bola baseball. Selain bola kaki, bola golf, bola bowling, masih banyak lagi bola–bola yang lainnya. Ada bola basket, bola tennis, bola kasti, bola pingpong dengan berbagai macam ukurannya masing–masing. Semua mempunyai keunggulannya masing–masing. Bola–bola itu semua mempunyai aturan mainnya sendiri. Bahkan, mempunyai pemain–pemain yang memiliki hobby atau olahraga kesukaannya tersendiri.
Ada seseorang yang gemar olahraga bowling, basket, tennis, golf, kasti, pingpong, serta sepak bola. Karena karakter setiap orang berbeda–beda dan kesukaan dalam olahraga pun pasti tidak sama. Andai aku disuruh memilih salah satu diantara sekian banyak olahraga atau permainan dengan menggunakan bola, aku memilih ingin menjadi bola tendang atau sepak bola.
Dengan sepak bola, seseorang bisa menjadi bintang dan dikenal dimana–mana. Hanya dengan bermain bola tendang orang mempunyai banyak uang. Bahkan, pemain sepak bola bisa mempunyai rumah yang mewah, mempunyai mobil lebih dari satu, mempunyai istri yang cantik, bisa jalan–jalan keluar negeri, serta bertanding melawan kesebelasan yang terkenal dari belahan luar negeri. Apalagi, dengan mudahnya bermain bola. Hanya dengan menendang, menyundul, kecuali kipper menangkap bola.
 Selain bisa menjadi bintang dan mempunyai banyak uang, bermain bola juga membuat badan kita sehat karena olahraga lari. Andai aku bola, aku ingin sekali bertemu langsung dengan pemain sepak bola yang ahli dalam bermain bola dan lincah membawa bola serta pandai mengelabuhi kipper hingga mencetak gol.
Aku ingin ditendang oleh Rooney, dibawa oleh Cristian Ronaldo, dan digiring mengelabuhi kipper oleh Lionell Messi, hingga mencetak gol yang banyak dan mendapatkan piala emas. Aku ingin foto bersama dengan Nani, Rooney, Cristian Ronaldo, Lionell Messi, Kaka.
Aku ingin membuat masyarakat yang menonton langsung di lapangan ataupun dari layar televisi senang dan meriah saat melihat aku ditendang, disundul, ditahan dengan dada, serta salto terbalik sampai aku masuk ke dalam gawang mencetak angka di papan nilai. Aku tidak mau masuk ke dalam ranah politik untuk saling menjungkalkan dengan mengakomodasi kepentingan tertentu.
Aku ingin terus menjadi bola yang selalu digunakan dalam olahraga. Baik digunakan oleh anak–anak kecil yang ingin belajar bermain bola. Hingga kalangan orang dewasa yang menendang aku dengan keras sekuat tenaga. Aku ingin menjadi bola yang selalu menjunjung tinggi nilai–nilai sportivitas dan persahabatan dalam permainan.
Aku berharap masyarakat tidak pernah berhenti untuk bermain bola. Selalu melestarikan keadaan bola–bola yang ada sekarang ini. Berjuang dalam mengharumkan nama Negara di bidang olahraga dengan bermain bola. Sampai ke pelosok–pelosok negeri ini dimana pun itu keberadaannya, aku ingin selalu ada di samping mereka untuk dimainkan dan di tendang sekencang–kencangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar