22 Juni 2011

USAHA BONEKA WAJAH 3D (TIGA DIMENSI)

Saya Ingin membuka Usaha Boneka Wajah 3D ini yang mulai marak sejak tahun 2009 silam. Produk ini berawal dari Negeri Sakura, Jepang. Kemudian mulai berekspansi ke China, Korea, dan Singapura. Boneka Wajah 3D ini mengandalkan keterampilan sederhana dengan menonjolkan sisi ekspresi pengguna, dalam hal ini foto konsumen hadir didalam wajah boneka.
Dengan keterampilan yang sederhana membuat usaha ini mulai menggeliat di Indonesia. Karena tidak membutuhkan keahlian khusus dan penggunaan mesin cetak wajah sangat mudah dipelajari sehingga proses belajar pengoprasian mesin tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Pelaku usaha ini juga belum banyak. Peluang usaha ini cukup besar apabila berniat membuka usaha boneka 3D. Asalkan pelaku usaha mengerti segmentasi pasar yang dituju.
Dengan mengerti target pasar, usahaini sangat menjanjikan. Walaupun modal usaha lumayan besar antara Rp20 juta – Rp 60 Juta, tapi balik modal lumayan singkat antara 4-6 bulan.
ALASAN MEMBUKA USAHA
Usaha Boneka Wajah 3D adalah usaha yang tak mengenal musim. Hal ini karena peminatnya yang tak pernah surut. Boneka selalu muncul dengan varian terbaru. Kali ini muncul boneka 3D atau tiga dimensi yang juga popular dengan sebutan Boneka Jepang. Boneka ini baru hadir dalam dua tahun terakhir. Walaupun wajah baru, tapi produk ini telah menyita perhatian publik. Terbukti dengan semakin ramai pelaku usaha yang mengadu peruntungan dalam bisnis. Termasuk juga dalam Usaha Boneka Wajah 3D atau Boneka Jepang. Seberapa besar prospek usaha ini?
Boneka merupakan usaha yang tak lekang oleh waktu. Sampai kapan pun pasarnya tetap ada dan cenderung terus tumbuh. Hal ini dapat dilihat dengan terus bertambahnya jumlah anak-anak, hingga remaja bahkan dewasa tetap suka akan boneka. Lantaran pasarnya tetap ada, jangan heran selalu muncul varian terbaru dari boneka, dan saat ini muncul Boneka 3D atau Tiga Dimensi. Boneka 3D ini, awalnya ‘lahir’ di Jepang yang kemudian ekspansi pasar ke China, Korea, dan Singapura. Seiring berjalannya waktu, sekarang ini hadir di Indonesia. Boneka 3D atau Boneka Jepang adalah Boneka dengan wajah yang disesuaikan dengan keinginan pemesan.
Perhitungan Usaha BONEKA WAJAH 3D (Boneka Jepang Tiga Dimensi)
Saat ini usaha boneka wajah 3D sedang naik daun. Pelaku usaha yang belum banyak, tapi peminat banyak yang membuat usaha ini semakin prospektif. Hal ini membuat celah usaha BONEKA WAJAH 3D semakin luas. Perhitungan Usaha Boneka Wajah 3D bagi peminat awal yang ingin mencoba usaha ini:
MODAL USAHA AWAL     Rp 13.800.000
Komputer/ Laptop             Rp 3.000.000
Printer                                 Rp 600.000
Mesin Cetak Wajah Boneka     Rp 3.000.000
Kamera Digital                    Rp 1.000.000
PENGELUARAN BULAN PERTAMA
Biaya Bahan Baku        Rp1.700.000
150 Boneka                     Rp 1.000.000
Kertas foto wajah 3D      Rp 500.000
Tinta Printer                     Rp 200.000
BIAYA OPERASIONAL      Rp 4.500.000
Gaji 1 karyawan                   Rp 1.000.000
Sewa tempat per bulan       Rp 3.500.000
(sudah termasuk booth, listrik,dll)
Diasumsikan omset pada bulan awal buka usaha diperoleh penjualan 50 boneka dengan harga Rp 70.000/pieces dan 100 boneka dengan harga Rp 50.000/pieces. Rincian sebagai berikut:
Omset Bulan Pertama       Rp 8.500.000
50 x @ Rp 70.000           Rp 3.500.000
100 x @ Rp 50.000         Rp5.000.000
Pengeluaran Bulan Pertama Buka Usaha    Rp 6.200.000
Keuntungan Bersih Saat Awal Usaha (27,05% dari omset) Rp 2.300.000 (pada awal usaha keuntungan masih kecil, karena penjualan diasumsikan masih sedikit, padahal biaya sewa tempat di mall cukup tinggi. Namun saat usaha sudah berjalan dimana volumenya penjualan tinggi, maka keuntungan bisa mencapai di atas 50% seperti pemain lain yang sekarang sudah menjalaninya.
Dalam Bisnis Boneka Wajah 3D ini adanya keterkaitan dengan Teori SLEPT (Social, Legal, Ekonomi, Politik, Teknologi), Dapat dilihat dari prospektif usaha ini:
Wajah Boneka 3D ini memiliki lekuk dan tonjolan seperti dagu, bibir, hidung, alis, matanya mirip dengan wajah konsumen yang memesan. Dengan demikian, foto wajah pemesan bisa diaplikasikan pada boneka tersebut. Keunikan yang dimiliki dalam Usaha Boneka Wajah 3D ini yang tadinya hanya berfungsi sebagai mainan perempuan, tetapi selain itu juga terdapat beragam fungsi lain. Boneka 3D ini digunakan untuk gantungan HP, gantungan kunci, gantungan tas, gantungan dimobil atau hiasan meja.
Usaha Boneka Wajah 3D ini Mudah Dipelajari. Dengan berbagai kegunaan tersebut, membuat boneka tiga dimensi semakin digemari. Apalagi bagi pelaku usaha yang ingin terjun dalam usaha ini tidak membutuhkan keterampilan tertentu. Karena semuanya bisa dipelajari secara otodidak. Hal ini karena bahan utama yaitu boneka adalah produk yang sudah siap pakai sehingga para pelaku usaha hanya perlu berkreasi pada motif dan tampilan  dari boneka tersebut. Bahkan untuk menghasilkan boneka wajah 3D hanya diperlukan waktu 10 menit saja.
Usaha Boneka Wajah 3D Dimensi ini Cepat Balik Modal. Selain mudah dipelajari, keunggulan lain dari usaha produk ini adalah cepat balik modal. Walaupun harus diakui bahwa untuk memulai usaha ini memang modal usaha tidak kecil. Hal ini, karena umumnya pelaku usaha lebih memilih lokasi mall atau tempat wisata yang banyak dikunjungi orang. Karena itu, biasanya modal yang dibutuhkan untuk usaha ini antara Rp 20- Rp 60 juta. Walaupun modal besar, tapi balik modal cepat antara 1-6 bulan. Hal ini karena peminat yang banyak sehingga modal yang dikeluarkan setimpal dengan pemasukan.
Dalam mempromosikan usaha ini harus mempunyai Strategi Pemasaran yang tepat. Produk Boneka 3D termasuk produk yang masih baru, maka perlu pintar dalam melakukan promosi. Lokasi yang dianjurkan adalah lokasi dipusat keramaian seperti mall, puast perbelanjaan, kawasan perumahan elit, dekat kampus atau sekolahan. “Mall dan pusat perbelanjaan adalah lokasi usaha yang paling tepat untuk menjaring konsumen karena banyak anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang menjadi target market.’’
Apabila memilih lokasi di mall, pilihlah tempat yang lalu lalang orang lumayan banyak. Misalnya di depan pintu masuk ataupun di dekat eskalator. Selain itu, guna mengenalkan produk dan menarik konsumen bisa juga memberikan diskon saat awal memulai usaha. Misalnya, memberikan harga lebih murah 10% dari harga para competitor. Maka hasil terbukti dengan harga yang lebih murah, produknya semakin dibanjiri konsumen.
Di awal usaha, pelaku uasha memang harus melakukan trik-trik tertentu untuk memenangkan pasar, karena hanya dengan hal itu, maka produk yang dijual memiliki pembeda dengan para pelaku usaha yang lain. Trik pemasaran lain yang bisa dilakukan adalah membagikan brosur pada pengunjung mall dan pusat perbelanjaan, pemasangan iklan di media cetak, dan membuat website atau blog di internet hingga mengikuti bazaar atau pameran. “Untuk produk yang belum terlalu dikenal, segala jenis teknik promosi perlu dikombinasikan agar bisa dikenal dan bahkan bisa semakin laku di pasaran.
Pameran memang bisa menjadi pilihan promosi bagi pelaku usaha baru, karena biasanya lewat pameran terjadi pertemuan dengan para buyer. ”Buyer ini bisa para agen yang ingin membeli dan menjual kembali atau bisa juga para end user.” Semua pilihan ada ditangan pelaku usaha, akan memilih teknik promosi yang tepat dan sesuai dengan budget yang tersedia. Meskipun sudah melakukan promosi, pelaku usaha harus tetap menghadirkan model baru yang mengikuti perkembangan tren.
Untuk Boneka tiga dimensi, yang sedang banyak diminati adalah tokoh-tokoh kartun seperti Mickey Mouse dan Winnie The Pooh. Akan sangat dianjurkan agar pelaku usaha harus senantiasa mengeluarkan model terbaru yang disesuaikan dengan permintaan pasar. Akan lebih baik, apabila pengusaha mengeluarkan model terbaru setiap bulan. Karena dengan adanya model baru, maka konsumen akan memiliki pilihan yang beragam sehingga berimbas pada kenaikan omset yang diperoleh pelaku usaha.
Kendala dalam Usaha Boneka Wajah 3D. Pelaku usaha produk boneka tiga dimensi ini belum banyak. Hal ini, karena bahan baku utama yaitu boneka yang harus diimpor langsung dari Jepang atau China. Namun, jika anda ingin membuat boneka sendiri, ini bisa disiasati dengan membeli bahan baku membuat boneka di Tanah Abang, Jakarta Pusat ataupun Mangga Dua, Jakarta Utara. Dengan membuat boneka sendiri, maka harga jual bisa lebih murah. Untuk mempelajari cara membuat boneka tiga dimensi ini, ada beberapa lembaga kursus yang bisa Anda ikuti seperti Craft mania di Jl. Bungsur Besar V no.1, Senen, Jakarta Pusat. Atau bisa juga di Withhandsandheart di Jl. Salak Gang Mulia III no. D 97, Cirebon. Untuk biaya kursus ini antara Rp 100.000 – Rp 200.000, dengan waktu kursus selama 2-5 jam tergantung dari tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta kursus.
Potensi Untung dalam Bisnis Usaha Boneka Wajah 3D. usaha boneka tiga dimensi ini akan semakin prospektif ke depannya. Hal ini, karena pelaku usaha yang belum banyak sehingga potensi pasar masih sangat terbuka lebar. Apalagi keuntungan yang diperoleh dari usaha ini lumayan besar sekitar 50% - 83%. Apabila Anda Tertarik ingin mencoba peruntungan dalam bisnis, Silahkan Anda bisa mulai dari sekarang mencoba Usaha Boneka Wajah 3D (Boneka Jepang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar