22 Juni 2011


HIDUP TAK SELAMANYA INDAH

Dalam kehidupan di bumi ini tak ada yang manusia yang sempurna. Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mungkin ada manusia yang terlihat perfect (sempurna) di mata seseorang. Karena ia pintar dalam menyembunyikan kekurangannya. Ia tak ingin terpuruk karena kekurangan yang dimilikinya.
Berusaha selalu memperbaiki kekurangan atau kesalahannya yang pernah diperbuat. Makanya, ia selalu belajar dari keselahannya, jadi dapat terlihat sempurna. Sebenarnya, setiap manusia dapat berbuat seperti itu. Hanya saja yang membedakan itu adalah kemauan yang semangat tumbuh kesadaran sendiri dari dalam jiwa setiap manusia. Ingin menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dari yang sebelumnya.
Dalam hidup tak semua berjalan lancar atau mulus sesuai dengan yang diinginkan. Pasti ada saja halangan atau masalah yang datang menjumpai. Sekarang pertanyaannya bagaimana setiap manusia menyelesaikan setiap masalah yang dijumpainya. Karena masalah yang datang itu berbeda-beda pada setiap manusia.
Apakah ia bisa sabar bila diberikan cobaan atau masalah. Kalo ia tegar atau sabar dalam menyelesaikan setiap masalah Tuhan Y.M.E pasti menolong umatnya yang sedang kesusahan. Kehidupan didunia itu tak selamanya indah. Ada waktu seseorang berada diatas dan ada pula waktu seseorang berada dibawah. 
Karena itu pula setiap manusia di haruskan tidak boleh mempunyai sikap sombong atau besar kepala. Seharusnya setiap manusia saling tolong menolong. Yang mampu membantu yang sedang kesulitan. Mempunyai rejeki lebih sebaiknya bisa berbagi kepada yang sedang membutuhkannya. Dengan demikian, berbuat baik harus diyakini pasti akan mendapatkan balasan kebaikan juga di lain waktu. Sebaliknya, apabila kita berbuat jahat harus percaya juga pasti akan mendapatkan balasan dari perbuatan yang dilakukan sebelumnya.

Sudah tau seperti itu alangkah baiknya setiap manusia berbuat baik kepada sesama manusia, saling tolong menolong. Mungkin saja semua bisa terjadi, sekarang keadaan kita sedang diatas, mungkin besok atau lusa atau entah kapan bisa saja seseorang yang berada diatas bisa berubah menjadi berada dibawah.
Karena kehidupan didunia tak selamanya indah. Sudah kodrat manusia sebagai makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri, pasti membutuhkan pertolongan dan uluran tangan dari manusia yang lainnya.  Manusia yang mempunyai kelebihan sebaiknya berbagi kepada yang tidak mampu. Karena berbagi itu indah, bisa menolong teman kita yang sedang kesusahan walaupun sedikit, tapi kita bisa membahagiakan teman kita yang sedang membutuhkan pertolongan.
Dengan berbuat baik seperti itu, kita sudah menjalankan tugas sebagaimana yang seharusnya menolong sesama manusia itu baik. Kita juga tidak akan tahu kapan kita berada dibawah, makanya kita harus siap apabila sewaktu-waktu kita memang digariskan untuk ada dibawah menjadi tidak kaget harus minta bantuan kemana dan siapa yang menolong. Jangan takut dan sedih karena Tuhan maha melihat kebaikan yang dilakukan setiap hambanya. Berusaha dan sabar serta ikhtiar yakin bahwa kita nanti akan ada yang menolong, entah darimana saja itu datangnya pertolongan.

2 komentar: