22 Juni 2011

UNIVERSITAS PAKUAN

Unggul, Mandiri, dan Berkarakter
Universitas Pakuan (UNPAK) merupakan kelanjutan dari Universitas Bogor (UNBO) yang berkiprah selama hamper dua dekade sampai dengan tahun 1980. Tanggal 1 November 1980, Universitas Bogor secara resmi berganti nama menjadi Universitas Pakuan di bawah Yayasan Kartika Siliwangi Pakuan (YKS-PUP), yayasan baru yang dibentuk oleh Yayasan Kartika Siliwangi sebagai pengganti YPTB seperti tersurat dalam Surat Keputusan No. Skep/27/YKS/VIII-A/10/1980. Perubahan nama ini disahkan oleh Notaris Mohamad Adam, S.H.
Tahun 1980 Unpak memiliki 4(empat) fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Sastra. Satu tahun kemudian dibuka Fakultas Teknik dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Program Diploma 1 Teknik Survei Lahan dan Pemetaan, pada saat itu ada14 (empat belas) jurusan. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I No.00330/0/1984, jumlah jurusan di lingkungan UNPAK mengalami perubahan, dan menjadi 21 (dua puluh satu) jurusan pada tahun 1997.
Berdasarkan keputusan rapat Badan Pengurus YKS-PUP tanggal 23 Oktober 2002 yang dikukuhkan dengan Akta Notaris Ny.Supiah Nurbaiti, S.H. No.6 tanggal 2 November 2002, YKS-PUP berubah nama menjadi Yayasan Pakuan Siliwangi (YPS). Yayasan baru ini telah melepaskan diri dari hubungan organisatoris dengan Yayasan Kartika Siliwangi di Bandung. Pada tahun 2007 ini telah diperbaharuinya ijin operasional penyelenggaraan Program Studi di Lingkungan Universitas Pakuan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) sebanyak 24 Program Studi, sehingga 100% Program Studi di Universitas Pakuan telah memiliki ijin operasional.
Tahun yang sama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah mengeluarkan ijin operasional penyelenggaraan Program Studi Baru yaitu program studi Manajemen (S2), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Manajemen Keuangan dan Perbankan (D3), Teknik Komputer (D3), Manajemen Informatika (D3). Pada tahun 2008 Fakultas Sastra membuka Program Studi baru yaitu Ilmu Komunikasi (S1). Hingga saat ini Universitas Pakuan memiliki Program Pascasarjana (S2) dengan 4(empat) Program Studi yaitu Manajemen Pendidikan, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Ilmu Hukum dan Magister Manajemen. Program Sarjana (S1) dan Program III (D3) yang tergabung dalam 6 (enam) fakultas yaitu Hukum, Ekonomi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sastra, Teknik dan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Sistem pendidikan di Universitas Pakuan merupakan variasi program yang ditawarkan kepada masyarakat dengan jenjang, tujuan, dan jenis pendidikan, yang diselenggarakan oleh keenam fakultas dan program pascasarjana. Program pendidikan di UNPAK terdiri atas jalur pendidikan akademik dan professional. Pendidikan Akademik mengutamakan peningkatan mutu dan memperluas wawasan pengetahuan. Pendidikan Profesional mengutamakan kemampuan peserta didik dalam penerapan Ilmu Pengetahuan.
Universitas Pakuan didirikan dengan dasar yang kokoh yaitu aspirasi para pendiri untuk membentuk manusia yang berbudi pekerti luhur, berilmu, sesuai dengan dasar Negara dan Falsafah hidup bangsa Indonesia serta Pancasila. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau professional yang dapat menerapkan mengembangkan dan atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan kehidupan dan memperkaya kebudayaan nasional.
Kurikulum untuk program S1 terdiri atas kelompok mata kuliah dengan kuantum sks yang dinyatakan dalam persentase sesuai dengan pedoman kurikulum inti yang berlaku. Kurikulum untuk setiap jenis program studi di Universitas Pakuan ditetapkan oleh senat atau pimpinan fakultas masing-masing dan disahkan melalui Surat Keputusan Rektor.
Jenis program pendidikan di Universitas Pakuan terdiri atas program kependidikan dan non-kependidikan, yaitu untuk Bidang Ilmu Hukum, program-program kekhususan Pidana, Perdata, Ekonomi dan Bisnis, Pemerintahan.
Bidang Ekonomi, terdiri atas program studi Manajemen, Akuntansi, Akuntansi (D3), Manajemen Perpajakan (D3), Manajemen Keuangan dan Perbankan (D3).
Bidang Ilmu Pendidikan, dengan program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).
Bidang Ilmu Sastra, dengan program studi Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Jepang, Ilmu Komunikasi.
Bidang Ilmu Teknik, dengan program studi Geodesi, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sipil, Elektro, Geologi.
Bidang Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dengan program studi Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer/ Informatika, Farmasi, Teknik Komputer (D3), Manajemen Informatika (D3).
Program Pascasarjana dengan program studi Manajemen Pendidikan (MP S2 dan S3), Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), Hukum, Manajemen (Magister Manajemen).
Informasi lebih lengkap dapat dilihat di Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru dengan alamat jl.Pakuan PO.BOX 452 Bogor Telpon/ fax. (0251) 8380 141 atau bisa juga searching di http://www.unpak.ac.id atau email baak@unpak.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar