26 Desember 2011

MAROON DAY 2011, What’s on Your Mind?


Teks oleh Fadhli Kurniawan
Dalam hidup bermasyarakat, orang yang tidak pernah berkomunikasi dengan orang lain niscaya akan terisolasi dari masyarakatnya. Pengaruh keterisolasian ini akan menimbulkan depresi mental yang pada akhirnya membawa orang kehilangan keseimbangan jiwa. Komunikasi sudah merupakan bagian kekal dari kehidupan manusia seperti halnya bernapas. Sepanjang manusia ingin hidup, ia perlu berkomunikasi.
Apa yang mendorong manusia sehingga ingin berkomunikasi dengan manusia lainnya, yakni kebutuhan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dan kebutuhan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Akhir–akhir ini minat orang untuk mempelajari komunikasi semakin banyak, bukan hanya di kalangan pelajar atau mahasiswa, tetapi juga di kalangan anggota masyarakat lainnya, baik itu lewat seminar, diskusi maupun pelatihan.
Komunikasi memang merupakan suatu hal yang sangat fundamental dalam kehidupan manusia, bahkan di tengah suasana masyarakat di mana persaingan semakin ketat dalam memperoleh peluang berusaha dan meningkatkan karier, teknik–teknik komunikasi persuasif, taktis dan dialogis semakin dibutuhkan.
Apa itu Maroon Day? Kapan Maroon Day diselenggarakan? Mungkin kata-kata itu agak asing di telinga mahasiswa Universitas Pakuan Bogor. Sebuah acara yang akan diadakan oleh mahasiswa dari Fakultas Sastra Ilmu Komunikasi UNPAK Bogor.
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMNI) Universitas Pakuan Bogor, bermaksud mengadakan suatu acara komunikasi yang di dalamnya terdapat unsur-unsur pendidikan, sosial, dan hiburan yang akan menjadi manfaat untuk masyarakat dan mahasiswa.
Acara yang diberi nama Maroon Day itu adalah sebuah program tahunan atau event yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pakuan Bogor. Maroon itu adalah sebuah warna identitas bagi Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi.  Acara ini bisa dikatakan sebagai ulang tahunnya Ilmu Komunikasi UNPAK Bogor. Warna maroon itu dikenal dengan warna merah tua yang mempunyai arti ketentraman dan ketenangan. Acara yang seharusnya diselenggarakan tanggal 12 Oktober 2011 kemarin, sempat diundur hingga bulan desember karena mengalami beberapa kendala, diantaranya ada pergantian Dekan pada saat itu.
Maroon Day mengangkat tema what’s on your mind. Kenapa begitu, karena ini berawal dari jejaring sosial di internet yaitu facebook, yang selalu menjadi media untuk menuangkan ide, gagasan, pikiran, serta isi hati para pecandu facebookers yang bersifat pribadi sekali pun. Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMNI) mengadakan acara ini untuk memberikan dan saling berbagi layaknya jejaring sosial facebook. Mereka yang datang pada acara ini nanti, bebas untuk menuangkan pikiran mereka dan mengirimkan pesan dalam bentuk komunikasi, baik melalui fotografi, menulis berita, seminar, perlombaan, maupun ajang kreativitas lainnya. Maroon day akan diadakan selama tiga hari yaitu tanggal 15–17 Desember 2011.
Untuk hari pertama, akan ada seminar dan workshop yang dibuat oleh jurusan Jurnalistik dan public relation yaitu lomba penulisan berita, workshop jurnalistik, seminar hubungan masyarakat serta ada pertandingan futsal.
Dilanjutkan hari kedua, seminar dan workshop fotografi dan perfilman, ada seminar fotografi, lomba fotografi, dan pameran fotografi, seminar periklanan dan lomba periklanan juga lomba news anchor (membaca berita) serta pertandingan futsal hari terakhir.
Hari ketiga, penutupan akan ada hiburan yakni band yang lolos audisi dan malam penganugerahan. Acara ini diadakan untuk umum mulai dari masyarakat sekitar, pelajar SMK atau SMA, perguruan tinggi negeri dan swasta wilayah JABODETABEK.
Tujuan dalam acara ini adalah mengembangkan kreatifitas pelajar dan mahasiswa agar berprestasi dibidang ilmu komunikasi. Membangun citra positif organisasi kemahasiswaan universitas dengan lembaga atau perusahaan dengan mendukung acara yang bersifat edukasi. Sebagai media promosi bagi universitas dan mitra relasi dalam acara ini terhadap sasaran komunikan yakni masyarakat luas.
Menggali potensi pelajar & mahasiswa se-JABODETABEK dalam bidang seni dan olahraga. Memperluas eksistensi disiplin ilmu komunikasi. Melaksanakan program kerja Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMNI) Fakultas Sastra Universitas Pakuan Bogor. Sebagai salah satu media dalam rangka meningkatkan pengabdian mahasiswa pada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar